Minggu, 27 Desember 2015

Mitos Bahaya Kolesterol, Fakta Fungsi Kolesterol, HDL dan LDL

Pendapat masyarakat diluar sana pada umumnya menganggap bahwa yang namanya Kolesterol salah satu tipe lemak yang berbahaya dan penyebab penyumbatan pada pembuluh darah yang biasa disebut plak, ini adalah pendapat yang salah karena Kolesterol sendiri bukan termasuk tipe lemak dan bukan juga penyebab plak, pendapat ini sama saja seperti memberi penyataan bahwa Kalsium membuat tulang keropos, karena ini pendapat yang terbalik.


Pengertian Kolesterol
Kolesterol ada salah satu tipe Alkohol dan bukan lemak, lebih tepatnya Sterol (Steroid Alkohol) yang diperlukan oleh sel untuk membuat dinding sel, karena setiap sel membutuhkan kolesterol.

Pengertian HDL dan LDL
- HDL (High Density Lipoprotein) Adalah sejenis alat transport protein dengan kepadatan tinggi yang isinya antara lain Kolesterol dan Trigliserin, tugas HDL adalah mengambil kolesterol yang sudah expired atau tak terpakai dari sel-sel dan dinding-dinding pembuluh darah untuk di bawa dan di daur ulang di Liver/hati dengan cairan empedu sehingga menjadi produk kolesterol baru yang nanti akan dibawa oleh alat transport yang bernama LDL.

- LDL (Low Density Lipoprotein) adalah sejenis alat transport protein dengan kepadatan rendah yang isinya antara lain Kolesterol dan Trigliserin, tugas LDL adalah membawa protein tersebut untuk didistribusikan ke jaringan yang membutuhkan melalui darah, ukuran LDL bervariasi ada yang besar dan kecil tergantung berapa jumlah protein yang dibawa

Adapun ukuran dari LDL yang mempunyai ukuran sangat kecil dapat tersangkut di pori-pori pembuluh darah dan menyebabkan plak. Plak sendiri dapat terbentuk dari proses penyembuhan dari peradangan dinding-dinding pembuluh darah yang sedang diperbaiki oleh Kolesterol yang dibawa oleh LDL ukuran besar dan sel darah putih, ini bisa diibaratkan jika kita mengalami luka kemudian mulai disembuhkan dan mengering menjadi borok nah bayangkan keadaan ini yang terjadi di dalam pembuluh darah kita yang disebut plak, dan kolesterol yang sudah bekerja untuk menyembuhkan peradangan tadi dan LDL yang tersangkut kemudian akan diambil oleh HDL untuk di daur ulang kembali di Liver, jadi penyebab plak itu adalah LDL ukuran sangat kecil yang tersangkut dan menumpuk di pembuluh darah bukan Kolesterolnya.
Plak juga dapat terbentuk akibat terlalu banyak Kalsium dan Vitamin D yang beredar di dalam darah namun tidak bisa diserap oleh tulang karena kekurangan Vitamin K2.
(Sumber : Bahaya Kalsium tanpa Vitamin K2, Bahaya dan Fungsi Vitamin D)

Apa yang menyebabkan peradangan pada pembuluh darah itu sendiri, jawabannya adalah Gula..... ya kelebihan asupan gula yang beredar di dalam darah adalah penyebab dari rusaknya dinding-dinding pembuluh darah dan mengakibatkan peradangan, disinilah peran kolesterol yaitu memperbaikinya, dan membentuk sel-sel baru.

Faktanya kebutuhan gula darah yang seharusnya adalah stabil pada angka 100mg/dl, ini setara dengan konsumsi 5gr Gula untuk 1 hari atau setara dengan 1 sendok teh saja, dan itu bisa didapatkan dari makanan yang di rubah oleh pencernaan menjadi gula.

Makanan yang harus dihindari adalah Waffel, Pizza, Cracker, Panecake, Pasta, makanan yang terbuat dari tepung terigu dan tepung gandum, roti gandum, makanan dan minuman Karbohidrat tinggi.

Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa kelebihan Gula menyebakan rusaknya dinding-dinding pembuluh darah dan menyebabkan peradangan, lalu kolesterol berperan sebagai perban untuk memperbaikinya.

Fungsi Kolesterol
1. Mengobati/memperbaiki Peradangan yang terjadi di Jantung, peradangan ini biasanya terjadi karena ada kerusakan di dinding-dinding internal Jantung, kerusakan ini disebabkan karena stres dan kandungan gula yang berlebihan dalam darah.
2. Membentuk dinding-dinding dan struktur pada setiap sel, terutama sel-sel otak.
3. Menciptakan Vitamin D melalui kulit yang terkena Sinar Matahari, dan D3 yang di perlukan untuk melipatgandakan Fungsi Kalsium terhadap tulang yang pendistribusiannya dilakukan oleh Vitamin K2.
(Sumber : Bahaya Kalsium tanpa Vitamin K2, Bahaya dan Fungsi Vitamin D)
4. Memproduksi Hormon Sex (Testosteron, Estrogen, Progesteron, Cortisol).
5. Membantu Liver membuat Cairan Empedu agar bisa memecah lemak untuk menyerap nutrisi dan Vitamin-vitamin.
6. Membantu sistem Imun tubuh untuk bekerja.
7. Menyehatkan saluran pencernaan (lambung, usus halus, usus besar, dll).
8. Membantu fungsi hormon Serotonin untuk bekerja.

Faktanya tubuh kita setiap hari memproduksi sekitar 2000mg kolesterol karena hampir setiap jaringan sel tubuh memerlukan Kolesterol, dan dengan mamakan makanan yang mengandung kolesterol tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan bukan penyebab penyakit Jantung.

Cara meningkatkan HDL adalah menambah asupan, kuning telur, butter, dan keju.
dan penyebab meningkatnya LDL adalah Gula.
Jadi solusi agar pembuluh darah kita sehat adalah dengan menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL dalam darah, Kefir Super Probiotik adalah salah satu cara untuk mengaktifkan penyerapan vitamin dan mineral pada usus dan dapat menurunkan LDL dalam darah.
Sumber : dr. Berg on Youtube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar