Minggu, 14 Februari 2016

SUPERFOOD Bawang Organik Anti Kanker

Ada 2 Jenis Bawang yang umum dikenal orang yaitu Bawang jenis Allium Sativum (Garlic) dan jenis Allium Cepa L (Onion)

GARLIC
Bawang Organik jenis Allium Sativum atau yang kita kenal bawang siung merupakan tanaman yang berasal dari Asia tengah, Bawang mengandung nutrisi-nutrisi yang baik untuk tubuh diantaranya Flavonoid, Oligosakarida, Selenium, Allicin dan tinggi akan kandungan Sulfur.
Memakan bawang secara mentah terbukti baik untuk tubuh tetapi harus berhati-hati tidak boleh terlalu banyak, karena segala sesuatu walaupun itu baik jika berlebihan akan menjadi tidak baik,

Menyajikannya dalam bentuk lalapan atau salad adalah salah satu penyajian yang menyegarkan, namun dalam penelitian lebih lanjut bahwa ketika kita mencampurnya ke dalam masakan malah justru terkadang dapat meningkatkan kadar nutrisinya atau minimal sama dengan konsumsi mentah.

Banyak sekali riset-riset diluar sana yang memaparkan khasiat-khasiat bawang, baik itu bawang putih ataupun merah, mengkonsumsi 2-3 siung bawang putih dapat memberikan kita manfaat kesehatan karena dapat membantu menberikan masukan Nutrisi, berikut adalah nutrisi yang terdapat pada bawang organik :
- Vitamin C.
- Vitamin B.
- Kalsium.
- Besi.
- Karbohidrat.
- Serat.

Manfaat-Manfaat yang bisa didapat dari Bawang organik antara lain :
- Menurunkan berat badan.
- Mengencerkan darah.
- Mencegah hipertensi.
- Zat anti kanker.
- Antioksidan.
- Anti mikroba/bakteri.
- Anti peradangan pembuluh darah.
- Menstabilkan gula darah.
- Meningkatkan sistem imun tubuh.
- Menurukan Kolesterol LDL.
(Sumber : Mitos Kolesterol)
- Membantu penyembuhan Gastritis.
(Sumber : Asam lambung dan Gastritis)
- Anti Stres.
- Mengatasi kerontokan rambut.
- Membantu penyembuhan TBC, Herpes, Pneumonia dan Thrush.
- Mengatasi penyakit kulit.
- Mengatasi radang sendi.
- Mencegah pembekuan darah.
- Mencegah migrain.

Bawang yang tumbuh secara alami dan organik tentu lebih terjaga kandungan nutrisinya, rasa pedas yang dimiliki bawang menandakan tingginya antioksidan dan kesegaran bawang tersebut, oleh sebab itu jika kita sedang memilih bawang cari yang masih berkulit, tidak berwarna kehijauan pada pangkal, tidak lembek, dan bau khas bawang msh ada.

ONION
Bawang Organik jenis Allium Cepa L ini lebih dikenal di Indonesia dengan Bawang Bombay, bawang jenis ini memiliki khasiat yang serupa dengan Garlic, hanya saja mempunyai bentuk dan wangi yang rasa yang unik, bawang ini punya 3 varian, ada yang warna putih, kuning, dan merah.

Khasiat Antioksidan yang paling tinggi ada pada Onion yang warna merah, pada yang warna kuning kita tahu bahwa bawang ini paling sering digunakan dalam masakan terutama pada masakan jepang dan korea, rasanya yang manis ketika di goreng membuat bawang ini digemari oleh pecinta Shabu-shabu dan tepanyaki, Bawang ini juga biasa dijadikan gorengan khas barat dengan tepung yang dikenal dengan nama Onion Ring.

Bawang Onion ini punya ciri khas lain diantaranya kandungan nutrisinya bisa meningkat beberapa saat setelah dipotong, jadi jika kita memasak menggunakan bawang Onion ini diamkan dulu beberapa menit setelah dipotong lalu kemudian diolah.
Sajikan mentah dengan campuran salad sayur dengan bumbu minyak Zaitun dan minyak Kelapa adalah sajian yang segar dan sehat.

Hindari asupan bawang goreng karena bawang yang sudah kering coklat karena digoreng kandungan nutrisinya sudah tidak ada, melainkan hanya sebagai penyerap minyak goreng saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar