Sabtu, 19 Desember 2015

Asam Lambung dan Gastritis (Maag)

Menurut pengalaman Pribadi penulis bahwa Penyakit Asam lambung dan Gastritis saling berdampingan penyebab umumnya pun hampir sama yaitu pola makan dan gaya hidup yang kurang baik. Orang yg menderita Asam Lambung tinggi biasanya kalau dibiarkan akan masuk ke fase Gastritis.
Definisi Gastritis sendiri adalah :
Radang lambung atau peradangan pada selaput lambung yang terus menerus atau berulang kali kambuh, yang salah satu penyebabnya adalah kadar asam lambung yang terlalu tinggi sehingga kadar asam tersebut perlahan merusak dinding/selaput lambung.
Asam Lambung dan Gastritis (Maag)

Tentu Asam Lambung dan Gastritis itu banyak penyebabnya dan tidak jarang kedua penyakit ini bisa timbul bersamaan dengan hanya 1 penyebab/pemicu saja, antara lain:
  1. Stres.
  2. Merokok.
  3. Terlalu banyak makan makanan yang pedas, asam, kecut, berminyak seperti gorengan, makan yang jenisnya ber-ragi (macam-macam roti, biskuit, dll).
  4. Jam makan tidak teratur.
  5. Kurang tidur/tidur tidak teratur/jetlag terlalu sering.
  6. Kurang minum air mineral Organik sebelum dan sesudah makan.
  7. Tidak minum air mineral Organik segera setelah bangun tidur.
  8. Minum kopi disaat bangun tidur, terlalu banyak minum kopi Sachet yang mengandung gula tinggi.
  9. Konsumsi obat-obatan secara teratur yang bersifat asam (biasanya obat yang namanya berawalan as..... contoh aspirin, dll).
  10. Minum minuman beralkohol.
  11. Terlalu banyak minum minuman bersoda.
  12. Terlalu sering makan permen karet saat perut kosong.

Ciri-ciri jika kita terkena asam lambung tinggi adalah:

  • Pusing.
  • Perut terasa kembung.
  • Mual-mual dan muntah tiba-tiba.
  • Tidak nafsu makan.
  • Susah buang air besar / buang air besar cair / mencret.
  • Sering bersendawa.
  • Sakit menekan di daerah Ulu Hati.
  • Perut berbunyi memutar.
  • Sesak nafas.
  • Keringat dingin + sesak nafas + nyeri dada seperti gejala serangan jantung

Kalau untuk ciri terkena Gastritis kita pasti sudah tahu yaitu perih di bagian sekitar perut, terutama bagian tengah perut dan kadang timbul dan tidak, ini disebabkan lambung sudah mengalami luka bahkan borok.

Penyebab umum Gastritis lainnya adalah infeksi dari Bakteri Helicobacter Pylori, bakteri tersebut dapat menular melalui makanan atau air yang terkontaminasi, Bakteri Helicobacter Pylori selain dapat menyebabkan Gastritis juga dapat berkembang menjadi Tukak Lambung (luka lambung) atau bisa juga berkembang menjadi Kanker Lambung jika tidak ditangani dengan baik.

Bawang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Helicobactee Pylori, oleh karena itu penderita Gastritis dapat mengkonsumsi bawang bersamaan dengan makanan bermanfaat lainnya seperti :
- Apel
- Seledri
- Daun Bawang
- Cranberry
Asupan tinggi bawang putih, termasuk daun bawang dan bawang merah dapat membantu melindungi kita terhadap kanker lambung dan kanker Kolorektal.

Cara pencegahan lain agar terhindar dari gejala Asam Lambung yang sering Saya lakukan:

  1. Minum air mineral Organik yaitu air kelapa 1 gelas pada saat bangun tidur, maksimum 2 gelas per hari ukuran 500ml.                    (Sumber : Bahaya Air Murni dan Air Mineral)
  2. Konsumsi KEFIR Superprobiotik untuk menekan dan membasmi Bakteri Helicobacter Pylori penyebab Gastritis dan tukak lambung.
  3. Makan bawang putih mentah, ½-1 siung per hari.
  4. Hindari minum air murni dan air mineral an-organik terlalu banyak, minumlah hanya ketika kita haus.                                                     (Sumber : Bahaya Air Murni dan Air Mineral)
  5. Hindari minuman bersoda apalagi beralkohol.
  6. Hindari makan makanan pedas.
  7. Jam makan harus teratur.
  8. Tidak merokok.
  9. Hindari bergadang lewat dari jam 00.00
  10. Tidur nyenyak yang cukup 7-8 jam sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar