Jumat, 25 Desember 2015

Bahaya Kalsium Tanpa Vitamin K2 untuk Tulang, Jantung, & Prostat

Sebuah studi baru-baru ini diterbitkan oleh European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC) yaitu suatu badan yang menyelidiki seputar potensi kanker dan nutrisi di Eropa, telah mengungkapkan bahwa peningkatan asupan vitamin K2 dapat mengurangi resiko kanker prostat 35 persen. Para peneliti menunjukkan bahwa manfaat K2 yang paling jelas adalah bermanfaat untuk mengurangi kanker prostat stadium lanjut, dan yang paling perlu diingat bahwa vitamin K1 tidak menawarkan manfaat yang sama.

Temuan-temuan ini didasarkan pada data dari lebih dari 11.000 orang-orang yang mengambil bagian dalam kohortasi EPIC Heidelberg, Dari penelitian tersebut didapatkan hasil yang sangat bermanfaat bagi pengetahuan walaupun dalam porsi kecil di dalam tubuh Manusia, bahwa potensi manfaat kesehatan vitamin K2 untuk Tulang, Kardiovaskular, Kulit, Otak, dan yang terbaru untuk kesehatan Prostat, sangat baik.

Sayangnya, banyak orang tidak menyadari manfaat kesehatan dari vitamin K2. Vitamin K telah diremehkan dan disalahpahami sampai ada penelitian baru-baru ini di komunitas ilmiah dan masyarakat umum, yang menemukan hasil mengejutkan seputar kegunaan dan perbedaam vitamin K1 dan K2.

Berikut video dari Dr. Berg seputar penyumbatan arteri pembuluh darah oleh Kalsium, bahaya Kalsium untuk Osteoporosis tanpa Vitamin K2, dan manfaat Vitamin K2 lainnya.

Kegunaan Vitamin K1 Secara umum digunakan oleh liver untuk mengaktifkan protein Pembekuan darah, ini berguna ketika seseorang mengalami luka, karena pengeringan darah pada luka adalah kurang lebih peran dari Vitamin K1, dan biasanya dibarengi dengan sel-sel darah putih untuk memerangi infeksi, tetapi terlalu banyak peredaran Vitamin K1 pada tubuh bisa menyebabkan tersumbatnya aliran pembuluh darah.

MANFAAT UTAMA VITAMIN K2 :
1. Penyembuhan Osteopoeosis dan Radang Sendi (Arthritis).
Kegunaan Vitamin K2 sangat berbeda sekali dengan vitamin K1, vitamin K2 bekerjasama dengan Vitamin D3 dan digunakan oleh jaringan tubuh untuk mendistribusikan Kalsium ke tempat yang seharusnya seperti di tulang dan gigi sehingga Kalsium terpakai secara efektif dan tidak mengendap di jaringan lain terutama pada jaringan lunak seperti penumpukan pada sendi, plak gusi, dan bahkan penumpukan di pembuluh darah, pendistribusian Kalsium pada sasarannya oleh Vitamin K2 ini sangat membantu penyembuhan penyakit Osteoporosis, dan membersihkan sendi-sendi dari penumpukan kalsium yang biasa disebut dengan Radang Sendi (Arthritis).

Bahaya terlalu banyak Kalsium dan Vitamin D yang beredar di dalam darah tanpa didukung Vitamin K2 akan menyebabkan plak pada pembuluh darah, dan dapat menyebabkan penyakit Jantung, penumpukan kalsium pada sendi sehingga pada usia lanjut menyebabkan badan bungkuk.

Perlu diingat bahwa fungsi ini harus dilakukan oleh Vitamin K2 dan D3 bersama-sama tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri karena ketidakhadiran dari salah satunya maka fungsi ini tidak akan bekerja, Fungsi Vitamin D3 adalah untuk memperbesar/melipatgandakan daya penyerapan Kalsium dalam pencernaan dan membawa Kalsium kedalam darah yang nantinya akan dibawa oleh Vitamin K2 ke tulang dan gigi, Vitamin D3 sendiri diproduksi oleh tubuh dari interaksi UV-B dan Kolesterol yang berada di kulit kita.

2. Melenturkan/mengenyalkan Otot Pembuluh Darah
atau menambah elastisitas dinding-dinding pembuluh darah, ini sangat membantu meringankan dan atau memperbaiki penyakit Kardiovaskular/Jantung dan tekanan darah tinggi dan rendah, sehingga jantung kita akan menjadi lebih sehat.

Cara memperoleh Vitamin K2 memang agak sulit ini dikarenakan Vitamin K2 didapat dari konversi Vitamin K1.

Sumber vitamin K1 adalah terdapat di tumbuhan hijau seperti sayuran dan rerumputan hijau, yang bisa mengkonversikan adalah salah satunya binatang pemakan rumput yaitu sapi, Jadi sumber Vitamin K2 salah satunya ada pada daging sapi yang diberi makan rumput hijau bukan rumput kering/gabah/Gandum, bahkan pada Ayam yang terkadang makan rumput.
(Sumber : Manfaat Daging Sapi Organik Pemakan Rumput)

Cara Alternatif lain untuk memperoleh Vitamin K2 adalah:
1. Makanan Jepang Natto (kacang kedelai fermentasi)
2. Hati Angsa.
4. Keju Eropa (hasil dari susu sapi pemakan rumput pada daerah pegunungan).
5. KEFIR dari susu sapi atau susu kambing organik pemakan rumput
6. Butter (yang terbuat dari susu sapi pemakan rumput hijau).
7. Kuning telur.
8. Dada Ayam.
9. Suplemen Vitamin K2 (Menaquinone 7/MK7).

Natto adalah makanan tradisional Jepang yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi dengan Bakteri Bacillus subtilis var. di Jepang nattō paling populer di kawasan Timur, termasuk Kanto, Hokkaido dan Tohoku.

Pentingnya Vitamin K2 untuk Tulang dan Kehidupan
NATTO - Fermented Soy Bean











Nama lain dari Vitamin K2 adalah Menaquinone sebagai sebutan ilmiahnya, Menaquinone yang berguna bagi tubuh kita adalah MK-4 dan MK-7, perbedaan menurut para peneliti adalah lama masa bertahannya Vitamin tersebut di dalam tubuh kita, untuk MK-4 dapat bertahan di dalam tubuh kita selama beberapa jam saja kemudian akan dibuang oleh tubuh, sedangkan MK-7 jauh lebih lama sekitar 3 hari lalu akan dibuang oleh tubuh.

Kebutuhan dari 2 jenis MK juga berbeda, MK-4 dibutuhkan oleh manusia 45mg per harinya, sedangkan MK-7 hanya 10mg saja perhari, makanan yang kaya akan MK-4 adalah hati Angsa, sedangkan MK-7 ada pada makanan Jepang Natto.

PS :
- Konsultasikan dosis Anda pada Dokter Anda.
- Konsumsilah Semua Vitamin pada Dosisnya, segala sesuatu yang berlebihan adalah sumber keburukan.

Sumber:
- Dr. Berg on Youtube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar