Sabtu, 09 Januari 2016

Penyebab Vertigo dan Cara Alami Mengatasinya

Pernah merasa seperti dunia di sekitar kita tiba-tiba berputar, dan tiba-tiba kita tidak bisa mengatur untuk menyeimbangkan diri kita atau bahkan kita mendengar dengungan di telinga kita bersamaan dengan perubahan dalam penglihatan kita? Jika iya, Anda mungkin mengalami vertigo, gejala yang dihasilkan dari berbagai jenis "gangguan keseimbangan," biasanya disebabkan oleh perubahan abnormal dalam sistem keseimbangan di dalam telinga.

Vertigo sebenarnya bukan gangguan tunggal atau kondisi medis yang serius, melainkan itu adalah kumpulan gejala-gejala yang akhirnya menyebabkan gangguan keseimbangan ini, dan kemungkinannya jika kita atau seseorang yang kita kenal telah mengalaminya adalah, penelitian menunjukkan bahwa hampir 40 persen dari semua orang di atas usia 40 akan mengalami vertigo setidaknya sekali dalam hidup mereka.


Ada banyak sekali penyebab Umum Vertigo ini dikarenakan banyak sekali penyebab gangguan keseimbangan karena di dalam tubub kita ada banyak organ tubuh yang bertanggung jawab terhadap keseimbangan diantaranya adalah :
1. Sistem Kontrol Sensorik (mata, telinga).
2. Sistem Indra perasa (kulit).
3. Sistem Syaraf.
Ketiga sistem ini saling bekerjasama dalam mengirim signal ke otak untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Gejala yang terasa ketika Vertigo adalah:
- Pusing seakan ruangan berputar.
- Merasa tubuh kita bergoyang seakan ada yang mendorong ke satu sisi.
- Merasa Cemas.
- Pendegaran menjadi berkurang bahkan hingga ada suara mendengung.
- Nafas menjadi cepat.
- Sakit Kepala.
- Merasa seakan mau pingsan ketika berdiri.



Penyebab-penyebab umum Vertigo:

  1. Darah rendah, jika Kita mempunyai penyakit darah rendah ini adalah salah satu penyebab umum Vertigo.
  2. Stres dan kurang tidur, tidur normalnya membutuhkan 7-8 jam sehari, jika ini kurang dan di tambah stres makan akan merusak sistem kekebalan tubuh yang mempengaruhi cairan keseimbangan yang terdapat di bagian dalam telinga, sehingga otak tidak mampu memberitahu posisi keadaan tubuh kita.
  3. Dehidrasi cairan tubuh, kekurangan minuman mineral. (Sumber : Bahaya Air Murni dan Air Mineral).
  4. Kekurangan oksigen dalam darah, tersumbatnya aliran oksigen yang menyebabkan kurangnya oksigen dalam darah, contoh : polip pada hidung sehingga menghambat pernafasan, kurang olah raga, kurang asupan mineral, dan lain-lain.
  5. Terlalu cepat merubah posisi kepala dan tubuh, contoh : - bangun dari posisi tidur langsung ke posisi bediri, atau posisi jongkok langsung berdiri. - memutar-mutar posisi kepala terlalu cepat.
  6. Migrain.


Jenis Vertigo terbagi menjadi 3 Jenis penyebab yaitu :
- Vertigo Posisi Paroksismal Jinak (Benign Paroxymal Positional Vertigo/BPPV).
- Penyakit Meniere.
- Infeksi Labirinitis.

BPPV
Penyebab BPPV diperkirakan akibat Kalsium Kristal (kristal kalsium karbonat) yang lepas dari dinding saluran telinga bagian dalam, Serpihan yang biasa disebut "batu kuping" ini hanya menyebabkan gangguan jika masuk ke saluran telinga bagian dalam yang penuh cairan, dan sensor tipis seperti rambut, cairan dan sensor ini yang membuat kita bisa mengetahui posisi tubuh kita terhadap gravitasi seperti sedang melihat ke atas, kebawah, miring, jongkok, tidur, dan lain-lain.

Serpihan tersebut biasanya akan hanyut di sepanjang saluran telinga bagian dalam akibat gerakan kepala tertentu yang mendadak dan menyebabkan gerakan cairan yang abnormal, Gerakan tersebut akan mengirim sinyal membingungkan ke otak dan memicu vertigo.

Pemicunya biasanya ketika sedang olah raga, melihat ke atas dan kebawah dengan cepat, benturan karena kecelakaan.

Penyakit Meniere
Penyakit Meniere adalah penyakit langka yang menyerang telinga bagian dalam,  Salah satu gejalanya adalah vertigo yang sangat parah, Penyakit ini juga bisa menyebabkan penderita mengalami kehilangan pendengaran, telinga berdengung, dan sensasi telinga terasa penuh.

Jika Anda menderita penyakit Meniere, serangannya akan datang secara tiba-tiba selama berjam-jam bahkan berhari-hari yang sering menyebabkan mual dan muntah.

Penyebab penyakit ini belum diketahui, tapi gejala-gejalanya bisa dikendalikan dengan pola makan serta obat dan jarang membutuhkan operasi sebagai tindak lanjut, diperkirakan hanya sekitar dibawah 0.5% penduduk antara usia 40-60 yang menderita penyakit Meniere ini.

Vertigo Labirinitis
Vertigo ini disebabkan oleh infeksi atau serangan virus pada telinga bagian dalam sehingga menyebabkan peradangan pada telinga dalam khususnya bagian yang berbentuk labirin yang disitu terdapat cairan penyeimbang dan rambut sensorik.

Contoh serangan adalah ketika terkena virus Flu dan membuat area labirin menjadi radang yang gejalanya antara lain mual, sakit di telinga, demam, muntah, hilang pendengaran.

Terapi penyebuhan Vertigo juga ada beberapa macam tergantung jenis dan seberapa parah kondisinya, selalu konsultasikan kepada dokter khususnya dokter THT tentang masalah yang dirasakan, terapi yang umum diantaranya:

Untuk BPPV:
1. Bangun tidur secara perlahan mulai dari berbaring sadarkan diri ±5 menit, lalu duduk ±5 menit, lalu berdiri, dan usahakan kepala kita selalu lurus ke depan namun sesekali lakukan kegiatan mendongakan kepala sebagai olah raga.
2. Lakukan Manuver Epley meliputi empat gerakan kepala yang berbeda untuk memindahkan batu kuping penyebab vertigo ke bagian lain. Tiap posisi kepala akan ditahan minimal 30 detik, kita mungkin akan mengalami vertigo selama menjalani prosedur ini, kondisi kita umumnya akan membaik tidak lama setelah melakukan manuver Epley, tapi diperlukan waktu selama maksimal dua minggu untuk sembuh total, Konsultasikanlah ke dokter jika tidak ada perubahan pada kondisi Anda setelah empat minggu.
Manuver Epley

3. latihan Brandt-Daroff. Prosedur ini adalah rangkaian gerakan pereda BBPV yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, hanya ada 3 gerakan yang masing-masing ditahan selama 30 detik, yaitu posisi duduk, kemudian tidur miring ke kanan dengan wajah menatap bahu kiri, kemudia balik ke posisi duduk, kemudian tidur miring ke kiri dengan wajah mentap bahu kanan, selama tidur posisi kaki dinaikan sejajar dengan tubuh dan tangan dimasukan diantara paha.
Latihan Brandt-Daroff
Tetapi kita dianjurkan untuk mempelajarinya terlebih dahulu dari dokter. Lakukanlah 3-4 kali berturut-turut selama 1-2 hari. Kondisi kita biasanya akan membaik dalam maksimal dua minggu.
4. Kurangi penumpukan Kalsium pada telinga kita dengan mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung Vitamin K2, karena vitamin ini yang bertanggung jawab terhadap pendistribusian Kalsium dan Vitamin D3 kepada tulang.
(Sumber : Bahaya Kalsium tanpa Vitamin K2)

Untuk Inveksi Labirinitis

  1. Hindari makanan yang terbuat dari tepung terigu dan tepung gandum, roti-rotian termasuk roti gandum, pizza, pasta, panecake, karena makanan ini berkabohidrat tinggi dan mengandung Gluten sehingga tinggi akan gula yang menyebabkan peradangan pada pembuluh darah, juga produk ini menyebabkan alergi.                                                             (Sumber : Bahaya dan Fungsi Gula Darah)
  2. Minum Antibiotik anti peradangan, konsultasikan dengan dokter THT Anda mengenai Antibiotik yang cocok untuk Anda.
  3. Kurangi Stres dan perbanyak istirahat.
  4. Makan buah dan sayuran yang mempunyai anti oksidan tinggi seperti Apel, Lemon, sayur Kale, dan Rumput Gandum.
  5. Konsumsi Probiotik untuk menghidupkan penyerapan nutrisi pada usus seperti, Yogurt, KEFIR Superprobiotik.


Untuk Vertigo akibat penyakit Meniere

  1. Konsultasikan dengan dokter tentang pengobatan Penyakit Meniere karena penyakit ini masih dalam peninjauan medis.
  2. Kurangi asupan garam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar